h1

Mengenal AMD

Mengenam

AMD (Advanced Micro Devices) adalah sebuah perusahaan pembuat sirkuit terpadu, prosesor atau IC (integrated circuit) yang bermarkas di Sunnyvale, California, Amerika

Pada tahun 2006 juga, AMD telah berhasil mengakuisisi perusahaan Grafis terkenal asal Amerika yaitu ATI Tecnology

Beberapa produknya yaitu:

Berikut Penjelasan AMD generasi ke-8 AMD64
AMD64, atau x86-64 atau x64 adalah sebuah arsitektur set instruksi prosesor yang dibuat oleh AMD. Arsitektur ini merupakan tambahan dan pengembangan lebih lanjut dari arsitektur prosesor x86, yang didukung secara langsung. Set instruksi AMD64, saat ini digunakan oleh AMD Athlon 64, AMD Athlon 64 FX, AMD Athlon 64 X2, AMD Opteron, AMD Turion 64, dan AMD Turion X2. Set instruksi itu adalah telah terdapat instruksi, seperti MMX(+), 3DNow, SSE]],[[ SEE2], SSE3, [x86_64]] dan khusus Athlon juga ditambahkan Pasifica yang merupakan teknologi virtulisasi yang dikembangkan AMD.

Set instruksi AMD64, yang pada awalnya disebut dengan x86-64, adalah ekstensi terhadap arsitektur prosesor x86 agar membuat prosesor x86 (yang aslinya 32-bit) dapat menjadi prosesor yang bersifat 64-bit. Seperti diketahui, prosesor 32-bit hanya dapat mengakses memori fisik hingga 4 GB secara langsung, dan untuk kebutuhan masa depan, ukuran 4 GB dirasa tidak cukup. Untuk itulah, AMD membuat eksensi terhadap arsitektur x86.

Set instruksi ini cukup sukses di pasaran, mengingat dapat menjadikan prosesor x86 menjadi sebuah prosesor 64-bit. Akibat kesuksesan tersebut, Intel pun mengadopsinya, dan menamainya menjadi EM64T setelah melakukan beberapa perubahan di beberapa sisi, meski perubahannya tidak terlalu signifikan.

Prosesor dengan set instruksi AMD64 dapat berjalan dalam modus real, modus terproteksi, modus terproteksi virtual, modus 64-bit dan modus kompatibilitas. Modus 64-bit mengizinkan sebuah sistem operasi 64-bit yang berjalan di atas prosesor x64 agar dapat menjalankan aplikasi 64-bit, sementara modus kompatibilitas mengizinkan sistem operasi 64-bit yang berjalan di atas prosesor x64 agar menjalankan aplikasi 32-bit yang beredar (memang tidak semua, tapi setidaknya tidak ada penurunan performa seperti yang terjadi pada prosesor Intel Itanium).

Perkembangan AMD terbaru

Chip ini bernama Quad-Core Opteron. Ia terdiri atas satu cip silikon yang berisi empat otak computing (quad-core). Cip ini berbeda dengan Woodcrest Xeon keluaran Intel yang quad-core, tapi terdiri atas dua chip dengan masing-masing dual-core. Chip ini mendongkrak performa komputer server 50 persen lebih cepat dari komputer dengan prosesor dual-core. Opteron pun diklaim lebih hemat energi. Chip ini didesain ulang dari Opteron lama , Terdapat dua versi.
  • Versi pertama berkecepatan 1,9 GHz 68 watt yang fokusnya pada efisiensi.
    Versi kedua, 2,0 GHz 95 watt, untuk yang mencari performa dan harga.
Perkembangan versi selanjutnya yang akan dibuat adalah Versi 2,3 GHz 120 watt untuk performa yang lebih .
AMD juga mendongkrak floating point tiap core, yang tadinya 64-bit menjadi 128-bit, tapi tetap memakai Direct Connect Architecture dan kontrol memori untuk mencegah terjadinya kebuntuan aliran data. Inilah yang tak ada pada chip buatan Intel.
SUMBER dari :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: